| PINBB - 25B407DC | CALL/WA/SMS - 082125151037 | EMAIL: INFO@KAKIGATEL.COM |

Bercengkerama dengan Panda di Chengdu

Pernah menonton film Kungfu Panda? Masih ingat dengan gelak tawa yang tersaji karena tingkah polah si jagoan Panda yang lucu, lincah, dan menggemaskan? Jangan hanya menonton aksinya di film, Anda bisa mengunjungi langsung panda-panda cantik dan menggemaskan itu di rumah asalnya, di China.
China sangat apik bukan hanya dengan panoramanya yang ciamik. Setelah dijuluki sebagai Negeri Tirai Bambu, China juga dijuluki sebagai surga para panda raksasa. Di Chengdu, ibu kota provinsi Sichuan, hewan langka yang hampir punah itu pun diberikan suaka tersendiri oleh Pemerintah China. Dengan mendirikan Chengdu Panda Breeding and Research Center pada tahun 1993 lalu, pemerintah China bukan hanya melestarikan dan menyelamatakan ikon negerinya tersebut dari kepunahan, tetapi terbukti juga menambah daftar destinasi pariwisata China.
Untuk lebih mudah dan nyaman, dari bilangan penginapan kota Chengdu, kami menggunakan jasa travel menuju kawasan konservasi panda. Sebenarnya ada bus wisata khusus yang disediakan oleh departemen pariwisata China dari pusat kota, harganya juga lebih murah. Taksi pun juga bisa menjadi pilihan, jaraknya hanya sekitar 10 km dari pusat kota.
Sebuah patung panda emas menjadi tugu selamat datang di kawasan suaka ini. Udara di lokasi itu terasa sejuk dan suasananya tenang jauh dari kebisingan pusat kota. Semilir angin yang menggoyangkan ribuan pohon-pohon bambu di kawasan ini bak menjadi nyanyian merdu bagi para panda yang mulai terlihat berkeliaran ke sana-kemari. Berbekal tiket seharga 58 Yuan yang telah dilengkapi peta lokasi, Anda siap melenggang di sepanjang kawasan ini.
Dibangun di atas area lebih dari 93 hektar, Chengdu Panda Breeding and Research Center ini dikemas sempurna seperti habitat aslinya di alam liar. Hampir secara keseluruhan, area tersebut adalah hutan. Habitat pohon bambu mendominasi hampir keseluruhan area, mengingat pohon bambu adalah makanan utama si panda. Menjaga keaslian habitatnya, di kawasan hutan tersebut tidak terlalu banyak bangunan. Tempat bermain, tempat tidur, atau tempat mereka berleyeh-leyeh pun hampir semua terbuat dari bambu. Hanya kandang-kandang, tempat makan, hingga rumah sakit si panda yang dibuat menjadi bangunan, itu pun sederhana.
Di China, habitat panda bisa ditemukan di kota-kota yang memiliki hutan bambu, seperti Shaanxi, Gansu dan terbanyak di Sichuan, Chengdu. Diperkirakan dari seribu panda yang tersebar di China, 80 persennya hidup di kawasan konservasi Chengdu Panda Breeding tersebut. Sisanya hingga kini tersebar di suaka margasatwa yang ada diseluruh dunia.
Seperti baru-baru ini, dua ekor Panda bernama Tian-tian dan Yuang Guang yang berasal dari kawasan ini khusus diterbangkan ke Inggris dengan pesawat pribadi Boeing 777 untuk menjadi kado natal bagi Kebun Binatang Edinburgh, di Inggris. Disambut meriah oleh warga Inggris, dua hewan langka yang super lucu itu menjadi ikon baru di kebun binatang Edinburgh.
Jenis panda yang hidup di kawasan Konservasi dan Riset China tersebut juga bervariasi. Rumah-rumah mereka pun dibedakan menurut jenisnya. Pada umumnya tubuh panda berwarna hitam putih, ukuran tubuhnya juga bervariasi, namun khusus di kawasan ini panda raksasa adalah penghuni dominan. Selain panda hitam putih tersebut, di kawasan ini terdapat jenis panda merah yang terkenal sangat beringas dan kurang bersahabat. Aneka satwa lainnya yang termasuk dilindungi pun juga menjadi pelengkap kawasan konservasi ini.
Di sini waktu berjalan tidak terasa karena kami begitu asyik mencermati gaya hidup panda yang hobinya bermalas-malasan, bercengkerama satu sama lain, bermain-main bergelantungan di pohon, di ayunan hingga menyantap potongan bambu. Berfoto bersama si panda pun menjadi pilihan kenangan dan oleh-oleh yang tak boleh dilewatkan. Buat Anda yang ingin ikut melestarikan habitat panda ini bisa juga mendaftar menjadi orangtua angkat bagi si bayi-bayi panda.

Leave a Reply