| PINBB - 25B407DC | CALL/WA/SMS - 082125151037 | EMAIL: INFO@KAKIGATEL.COM |

Dieng, Tanah Para Dewa

Bosan dengan wisata pantai, dan ingin mencicipi hawa sejuk pegunungan? Mampirlah ke kawasan Wonosobo, Jawa Tengah. Kebanyakan turis Indonesia menyebutnya sebagai negeri di atas awan, pasalnya awan-awan putih di sini tampak menggelayut mesra hanya selemparan batu di atas kepala anda. Di sebuah dataran tinggi bernama Dieng itulah konon masyarakatnya percaya bahwa kawasan tersebut adalah tempat tinggal para dewa.
Seperti harapan orang terhadap julukannya, dataran tinggi Dieng begitu apik menyuguhkan panorama alam yang damai. Berada di tengah desanya, seperti berada di sebuah stadion.
Jika di stadion utama sepak bola Anda dikelilingi kursi-kursi penonton, lain halnya jika Anda di tengah desa di Dieng.
Sekeliling Anda hanya terhampar pegunungan dan perbukitan hijau yang diselimuti corak langit yang membiru dengan awan putihnya, dengan bau belerang khas pegunungan yang cukup menyengat. Niscaya membuat cita rasa perjalanan Anda kali ini benar-benar asli bersama alam.
Dari bilangan perkotaan Jakarta yang penat dengan kesibukan, kami melintasi Jawa barat menuju Jawa Tengah. Menempuh perjalanan kurang lebih 12 jam, kami tiba di kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara pada pagi hari. Singgah di wilayah perkotaannya, kami sudah disambut aneka wisata arung jeram di sepanjang sungai Serayu.
Panorama puncak gunung Sindoro, Sumbing, Prahu, Bismo, Telomoyo, dan pegunungan Tampomas yang bermukim di sekitarnya menambah rasa penasaran kami untuk mengintip keindahan Dieng. Satu jam dari pusat kota Wonosobo, kami disambut semilir angin dingin yang agak menusuk tulang. Kami terbius hawa sejuk yang tercampur dengan bau belerang.
Setidaknya, kawasan dataran tinggi Dieng menawarkan hampir 21 objek wisata yang dapat dikunjungi. Pemerintah bahkan sengaja membuat tiket paket untuk seluruh wisata yang ada di kawasan Dieng. Dari bilangan hotel Dieng Plateu yang terkenal dengan keramahan dan kebersihannya kami dibawa pemandu wisata menjelajahi keanggunan desa ini.
Kawasan komplek candi Dieng menyambut kedatangan kami siang itu, berupa peninggalan sejarah dari mahakarya Hinduisme abad silam ini terdiri dari Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa hingga Candi Sembadra. Konon kelima candi tersebut adalah bukti artefak pemujaan umat Hindu masa lalu. Ingin melihat sejarah Dieng lebih lengkap, Anda bisa menuju ke Dieng Plateu Theatre.
Dieng bukan hanya sejarah, lebih daripada itu, atraksi-atraksi alam yang memukau menjadi salah satu aktivitas wajib bagi para pengunjung. Objek wisatanya bisa diurutkan menurut letaknya yang terpencar di area Wonosobo dan Banjarnegara.
Di kawasan Wonosobo sendiri terdapat wisata Telaga Warna, yang konon memiliki tiga warna eksotik yang terlihat dapat berubah sewaktu-waktu. Telaga Pengilon, Telaga Cebong, dan Telaga Menjer juga menarik.
Ada pula Gua Semar, Gua Sumur, dan Gua Jaran, meski gua-gua tersebut sering dianggap gaib namun pengunjung yang tertarik untuk melihatnya pun selalu ramai.
Belum lagi keindahan Kawah Sikandang, air terjun Sikarim, air terjun Seloka, membuat Anda makin betah menghabiskan waktu berjalan santai di sepanjang pedesaan.
Sedangkan di Banjarnegara sendiri memiliki kawasan wisata meliputi, Telaga Balekambang, Telaga Dringo, Telaga Merdada, Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Candradimuka, Curug Sirawe, Sumur Jalatunda, dan Gua Jimat.
Salah satu keajaiban alam yang ditunggu di Dieng rupanya adalah melihat fenomena terbitnya matahari pagi. Hanya perlu trekking satu jam, Anda bisa menikmati matahari terbit di Gunung Sikunir.
Rasanya tak cukup sehari untuk menjelajahi keindahan alamnya, namun Anda bisa memuaskan kunjungan Anda dengan menikmati cita rasa kentang khas Dieng. Kelebihan kentang ini bukan hanya karena segar dipanen langsung dari kebun, namun rasanya benar-benar gurih meski hanya digoreng dengan balutan air garam.
Makanan lainnya seperti mie ongklok juga patut Anda coba. Manisan Carica, Kacang Dieng, Jamur Dieng, yang tergolong sebagai jajanan uniknya pun bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang bisa Anda bagikan ke sanak saudara.

Leave a Reply