| PINBB - 25B407DC | CALL/WA/SMS - 082125151037 | EMAIL: INFO@KAKIGATEL.COM |

Digelitik Ubur-Ubur Kakaban

Ingin yang lebih menggemaskan lagi dari paket liburan Pulau Derawan? Tak usah khawatir, paket liburan pulau Derawan berikutnya sudah menanti kedatangan dan senyum gemas Anda.
Menjelajahlah dengan motorboat ke Pulau Kakaban. Disini biota laut paling unik sedunia itu berada. Konon hanya ada di perairan Filipina dan Indonesia. Pernah tersengat ubur-ubur? Dan membuat Anda trauma atau malas bermain di laut? Tidak begitu yang akan Anda alami di pulau Kakaban. Sebaliknya, Anda akan dibuat tersengat keindahannya, membuat Anda gemas untuk menyentuhnya, bahkan di gelitik oleh jumlahnya yang ribuan.
Pulau Kakaban terletak di selatan Pulau Derawan. Kurang lebih satu jam perjalanan dengan motorboat. Sebuah dermaga sepanjang 500 meter siap mengantarkan Anda ke hamparan pasir putihnya. Di tepian dermaganya terdapat spot-spot snorkling hingga diving, menjelajahi ikan dan terumbu karang.
Namun rupanya bukan itu yang menjadi daya tarik utama pulau Kakaban. Didalam rimbunnya hutan di pulau ini terdapat jalan berupa tangga kayu untuk sampai ke sebuah danau prasejarah di pedalamannya. Pesona keindahan cincin alam itu konon terbentuk dari atol-atol yang terangkat sejak jutaan tahun silam. Luasnya mencapai 390 ha, tertutup hutan rimbun dan menjadi danau air asin di tengah Pulau Kakaban yang memiliki luas kurang lebih 5 kilometer persegi.
Proses atol-atol yang terangkat di kawasan danau ini membuat beberapa spesies biota laut berevolusi dan berkembang biak disini. Syahdan, danau ini terkenal sebagai istana para ubur-ubur tanpa sengat.
Setidaknya ada 4 spesies ubur-ubur tanpa sengat menghuni danau air asin ini, diantaranya ada Mastigias Papua yang banyak terlihat di danau. Sedangkan jenis Aurelia aurita berbentuk seperti piring transparan. Ada pula Cassiopeia ornata yang banyak terdapat didasar danau dengan posisi terbalik. Tentakel jenis Cassiopeia ornata biasanya menghadap arah matahari, konon berguna sebagai media berfotosintesis bagi alga simbiotik di dalam tentakelnya. Lainnya ada Tripeaulia cystaphore, ubur-ubur tanpa sengat jenis ini konon sulit ditemukan karena ukurannya yang relatif lebih kecil dari spesies ubur-ubur tanpa sengat lainnya.
Anda bebas menyentuhnya tanpa takut membuat bagian tubuh anda gatal atau perih. Ubur-ubur jenis ini memiliki tubuh yang lembut dan agak licin. Peganglah secara lembut dan hati-hati. Jangan menggenggamnya terlalu erat, atau menariknya terlalu kencang, tubuhnya akan mudah terlerai. Dan biarkan ia tetap di dalam air, karena air adalah sumber nafas baginya. Untuk mengabadikan keindahannya, siapkan saja kamera underwater Anda, atau Anda bisa menggunakan chasing khusus underwater.
Berenang, dan digelitik ubur-ubur tanpa sengat ini memang merupakan pengalaman yang sangat menarik, bahkan mampu membuat Anda lupa waktu.
Kecantikan Pulau Kakaban tak sampai disitu, Anda bisa melakukan penyelaman atau sekedar snorkling di sekitar Pulau. Jaga pandangan Anda, karena jika beruntung dimusim-musim tertentu kawasan ini akan disemaraki oleh spesies Lumba-lumba dan ikan Pari yang berkeliaran menggoda Anda. Penasaran bukan? Ayoo menjelajah bersama!

Leave a Reply