| PINBB - 25B407DC | CALL/WA/SMS - 082125151037 | EMAIL: INFO@KAKIGATEL.COM |

Pantai Losari – Sunset Terindah di Makassar

Bus Indah Alam mulai melaju kencang di pukul 9 malam. Meninggalkan Tana Toraja yang kian diguyur hujan. 3 hari pengembaraan di Tana Toraja membuat bekal ilmu budaya nusantara kami bertambah. Namun rasa penasaran terhadap budaya daerah lainnya pun tak tertahankan.
Delapan jam perjalanan dengan bus Indah Alam membawa kami pada kota Makasar, ibukota Sulawesi Selatan. Hari masih pagi buta, namun bus yang kami tumpangi sudah memasuki kota Maros, kota yang terkenal dengan hamparan tebing bebatuan dan rawa-rawa. Tak sampai satu jam, kami pun sampai di pusat kota Makasar.
Memburu perjalanan ke Larantuka, kami sigap mencari kantor Pelni. Menunggu hampir 3 jam untuk mendapatkan tiket Makasar-Larantuka di dua hari mendatang.
Makasar kota yang atraktif, pusat kotanya sudah ditumbuhi gedung-gedung pencakar langit. Sama seperti kota Balikpapan yang bersandar pada laut lepas, tepian kota Makasar juga dipagari perairan Selat Makasar. Itu sebabnya Makasar juga di juluki kota pantai.
Losari adalah salah satu keindahan kota Makasar. Pantai yang menawarkan momen sunset terindah di Sulawesi Selatan ini ramai dikunjungi setiap hari menjelang matahari terbenam. Bukan hanya turis asing, warga Makasar pun nampak asik berbondong-bondong setelah usai jam kantor.
Ada cara unik warga Makasar menikmati fenomena alam tersebut. Sunset dipandangan mata, dan Pisang Epe di cita rasa. Pisang Epe adalah kuliner jajanan khas kota Makasar yang mayoritas berada di sepanjang Jalan Penghibur, tepian pantai Losari. Banyak gerobak-gerobak berjejer dengan puluhan kursi plastik, menawarkan hidangan menu pisang epe.
Pisang Epe artinya pisang gepeng atau pisang penyet. Dibuat dari pisang kepok yang dibakar atau di panggang. Lalu digepengkan, atau dipenyetkan dengan alat tradisional khusus untuk menekan pisang agar menjadi gepeng. Pisang yang sudah gepeng disempurnakan dengan saus manis. Pisang epe mulanya hanya sebuah pisang bakar yang digepengkan dan disiram dengan saus gula merah. Namun seiring berjalannya waktu, banyak modofikasi rasa untuk menu sausnya. Ada gula durian, yaitu gula merah yang dicampur dengan daging durian yang sudah dihaluskan. Ada pula saus coklat, coklat cair disiramkan pertama, lalu coklat bubuk jadi pemanisnya. Ada pula durian keju, coklat keju, strawberi coklat dan aneka rasa buah manis lainnya.
Harganya sangat terjangkau, satu porsi hanya 5000 Rupiah. Ditemani segelas es teh manis, pisang epe pun jadi sahabat asik untuk menikmati sunset yang kemerahan. Anda bisa makan disekitar gerobak, atau bisa dibawa ke tepian pantai Losari, tempat Anda menikmati sunset. Nah, dijamin pisang epe ini akan membuat suasana sunset makin indah dan unik.

Leave a Reply