| PINBB - 25B407DC | CALL/WA/SMS - 082125151037 | EMAIL: INFO@KAKIGATEL.COM |

Pesta Bir di Octoberfest

O’zapft is ! “Telah dibuka”, seruan Bahasa Bavarian itu menggema di seluruh negeri Jerman, terutama di kota Munich. Menandai dibukanya festival Oktoberfest di seluruh dunia yang dimulai sejak tanggal 17 September hingga 3 Oktober.
Oktoberfest dapat ditemukan di belahan dunia mana saja, namun Oktoberfest di kota asal muasalnya Munich-Jerman memang tidak akan ada bandingannya. Diperkirakan lebih dari enam juta orang tumpah ruah merayakan festival ini dengan gelas-gelas penuh bir serta makanan-makanan tradisional setempat. Belum lagi pesta budaya ala Bavarian yang menjadi salah satu ikon wisata yang dinanti.
Tak heran jika Oktoberfest dikenal sebagai salah satu event tahunan terbesar di Jerman. Konon untuk festival ini, Pemerintah Munich biasa menghabiskan biaya satu miliar Euro atau $1.4 miliar.
Festival ini lahir dari sebuah pesta pernikahan Putra Mahkota Ludwig yang kemudian menjadi Raja Ludwig I, Mayor Andreas Michael Dall’armi dengan Putri Therese yang berasal dari Sachsen Hildburghousen, tepatnya pada 12 Oktober 1810. Rakyat Munchen diundang untuk merayakan pesta yang konon digelar selama 16 hari penuh itu.
Setiap hari rakyat Munchen tumpah ruah di sebuah alun-alun gerbang kota, yang kemudian diberi nama alun-alun Theresienwiese, pendeknya “Wies’n”. Pacuan kuda yang diiringi pesta budaya setempat hingga pesta minun bir akhirnya digelar. Seiring animo masyarakatnya, kemeriahan pesta itu dibawa setiap tahunnya hingga kini, termasuk pesta bir yang akhirnya menjadi ikon dari kemeriahan Oktoberfest.
Buat Anda yang tidak sempat mengunjungi Munich Oktober tahun ini, Anda bisa merencanakan perjalanan untuk tahun depan yang lebih meriah. Atau jika Anda ingin merayakannya di kota-kota besar lainnya di Jerman atau di Amerika, persiapan tetap diperlukan. Minimal enam bulan sebelum rencana keberangkatan.
Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk membuat daftar perencanaan. Salah satunya adalah jadwal Oktoberfest itu sendiri. Untuk tahun 2012 mendatang, Oktoberfest akan diselenggarakan pada tanggal 22 September hingga 7 Oktober, sedangkan pada tahun 2013, Oktoberfest jatuh pada tanggal 21 September hingga 6 Oktober.
Dengan enam juta jiwa yang tumpah ruah, Anda bisa bayangkan bagaimana kota itu akan penuh, juga dengan hotel-hotel serta penginapannya. Untuk pemesanan kamar hotel/penginapan di muka sangat disarankan. Tidak perlu yang mewah asalkan lokasinya berada di sekitar pusat penyelenggaraan Oktoberfest. Munich adalah kota kecil, namun memiliki sistem transportasi umum yang sangat efisien, jadi untuk menjelajah sekitar kota juga sangat mudah.
Semua barak-barak bir bebas Anda kunjungi, tetapi jika ingin hangout hingga larut malam, lebih baik Anda melakukan reservasi terlebih dahulu. Reservasi tersebut ditujukan ke stan-stan bir yang akan mengisi acara tersebut, bukan panitia Oktoberfest.
Untuk mengetahui berapa banyak dan memilih stan bir yang dinginkan, Anda bisa menengok situsnya di www.oktoberfest.de. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk reservasi, tapi biasanya Anda diharuskan memesan satu paket menu Oktoberfest, dua liter bir dengan setengah porsi ayam panggang, sebagai voucher.
Harga voucher tersebut berkisar 20 Euro hingga 80 Euro, tergantung tempat dan waktu. Biasanya untuk malam hari dan akhir pekan, harga menjadi agak mahal. Dan satu voucher hanya berlaku untuk satu kursi saja.
Selain di Jerman, Oktoberfest juga diselenggarakan di Fredericksburg, Texas Hill Country pada 30 September hingga 2 Oktober. Bear Mountain di The Catskills, New York pada 17 September hingga 30 Oktober. Oktoberfest Columbus, Ohio, pada 23 hingga 25 Oktober. Atau Oktoberfest-Zinzinnati Cincinnati, di Ohio, pada 17 hingga 18 September.

Leave a Reply