| PINBB - 25B407DC | CALL/WA/SMS - 082125151037 | EMAIL: INFO@KAKIGATEL.COM |

SUDUT – SUDUT EKSOTIS PANGANDARAN

Perairan Indonesia begitu sangat eksotis, wisata baharinya membawa saya berteriak hingga ke langit, mensyukuri anugerah Tuhan yang tak pernah lekang. Weekend kali ini, zona waktu membawa saya tiba di Pangandaran setelah 8 jam merilis mimpi di bus ekonomi AC jurusan Kampung Rambutan – Pangandaran . Ibarat Bali, begitulah julukan manis yang melekat untuk salah satu wisata pantai di Jawa Barat ini. Tak sampai disitu, struktur keindahannya mengaitkan nama Pangandaran dengan Pantai Copacabana dan Ipanema di Brazil.
Tanjungan pasir pantai Pangandaran tersebar dikawasan desa Pananjung, kecamatan Pangandaran, berkisar ±92 km selatan kota Ciamis. Dibumbui perairan Samudera Hindia yang nampak tak berunjung, membuat kawasan ini begitu lekat dijantung destinasi wisatawan, baik domestik ataupun internasional. Legenda heroik zaman kerajaan Galuh Pangabuan di abad XIV Masehi, membawa nama desa ini sebagai Pananjung, yang berarti tempat paling subur. Kekuatan sesepuh dari keturunan tersebut pun melahirkan nama untuk kawasan ini menjadi Pangandaran. Pangan memiliki arti makanan, sedangkan Daran sendiri memiliki makna pendatang. Disinilah kemudian kehidupan tercipta atas pelaut-pelaut dan nelayan yang datang untuk mencari makanan melimpah. Tanjungan yang merimbuni tepian pantai dikawasan Pangandaran konon menjadi labuhan para nelayan yang paling aman dari terjangan ombak. Tanjungan tersebut yang kemudian menjadi salah satu spot cagar alam yang paling diminati oleh para wisatawan.
Pantai Pangandaran dipilih menjadi tempat wisatawan untuk memadu kasih dengan dua siluet alam, saat fajar menjelang, keindahan mentari menyongsong hari menjadi momen penting yang dinanti. Tak kalah saat sunset tiba, gerumul orang disepanjang tepian pantai ini bak semut yang menggumuli tumpahan gula. Hitam dan putih warna pasir di beberapa spot yang berbeda menjadi daya tarik tersendiri bagi Pangandaran.
Aktivitas penuh keceriaan selalu hingar bingar terdengar disepanjang kawasan ini. Berenang, bahkan snorkling disekitar pantai landai berpasir putih menjadi pilihan wajib bagi pengunjung. Seperti jalan-jalan di Kuta Bali, Pangandaran menawarkan aspal halus yang membentang sepanjang kawasan pantai, sebagai lajur bagi kelengkapan pariwisata setempat. Berbagai jenis akomodasi penginapan sesuai budget anda dapat ditemukan dengan mudah disini, fasilitas hiburan hingga wisata kuliner ala pantai juga menjadi pelengkap sempurna dikawasan ini.
Bersepeda, mengayuh becak mini, atau bahkan berkendara dengan ATV (All Trail Vehicles), menelusuri kawasan pantai nampak jadi pilihan laris para pengunjung. Anda juga dapat menikmati sensasi olahraga air atau bahkan menyalurkan hasrat memancing anda disini. Parasailing, jet ski, berpesiar adalah salah satu dari beberapa fasilitas pantai yang ditawarkan.
Aroma kereligiusan dikawasan Pantai Pangandaran dapat anda cium lekat saat bulan-bulan Muharam tiba, tepatnya saat Upacara tradisional keagamaan Hajat Laut menemui masanya. Masyarakat sekitar berbondong-bondong menyunggingkan senyum dengan sesajen palawija untuk dilarung disepanjang lautan lepas ini. Mereka percaya, Hajat Laut yang merupakan perwujudan rasa syukur mereka atas Sang Maha Pencipta kehidupan di sekitar laut ini akan menjadi tonggak kehidupan yang aman dan tenteram, selanjutnya.
Lepas dari aroma kereligiusan, kawasan ini juga menjadi landasan bagi para layang-layang untuk diterbangkan saat festival layang-layang tahunan digelar secara massal. Belum lagi ragam event unik yang diselenggarakan organisasi atau komunitas yang ada di Indonesia. Secara kebetulan, kedatangan kami bertepatan dengan gathering tahunan VW, ribuan para pecinta Volkswagen memadati lapangan Bluevard diujung tol pantai. Pemandangan jadi semakin unik, dengan ratusan mobil-mobil Volkswagen berbagai jenis seperti Combi dan Kodok memenuhi parkiran sepanjang alur pantai. Kemeriahan VW Party On The Beach saat itu, makin nampak antusias dengan Live Music dan pernak-pernik VW yang tersebar disepanjang jalan.
Liburan di Pangandaran memang menyisakan kenangan yang indah, seperti souvenir, baik cinderamata laut, makanan atau pernak-pernik pantai yang ditawarkan sepanjang jalan Kidang, Pananjungan di pantai Pangandaran. Mau yang khas dari Pangandaran, anda dapat menyusup ke kawasan blok pasar ikan, disini banyak dijual Ikan Asin Jambal Roti produksi Pangandaran. Kuliner Seafood segar juga dapat anda nikmati dikawasan Jalan raya Babakan Km 1 tepatnya di Karya Putera atau di jalan Pesanggrahan 1 disekitar pantai barat Pangandaran, tepatnya di Pujasera Nanjung.
Selain kemeriahan pantai-nya, Pangandaran banyak menawarkan keeksotisan lain seperti Green Canyon, Citumang, Pantai Batu Hiu, Batu karas, hingga terowongan Wilhelmina. Selengkapnya akan kami ulas di cerita mendatang.

Leave a Reply