| PINBB - 25B407DC | CALL/WA/SMS - 082125151037 | EMAIL: INFO@KAKIGATEL.COM |

Visa Korea Selatan

Persyaratan Umum

A. Aplikasi Dokumen
1. Persyaratan Umum

  • Formulir Aplikasi Permohonan Visa
  • Foto Berwarna 1 lembar (4×6 cm), langsung ditempel pada formulir aplikasi
  • Paspor asli dan fotokopi (halaman identitas dan visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Biaya Pembuatan Visa
  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari): Rp. 480.000,-
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari): Rp. 720.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 3 tahun): Rp. 1,080.000,-
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan): Rp. 840.000,-
  • Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

B. Pendaftaran dan Pengambilan Visa

  • Pengajuan Aplikasi Visa: 09.00~12.00
  • Pengambilan Visa: 13.30~16.30
  • Lama Proses Pembuatan Visa: 5 Hari Kerja ( Proses bisa lebih dari 5 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan jika interview dibutuhkan)
  • Selama Proses Pembuatan Visa, Paspor tidak boleh dipinjam

Persyaratan Dokumen (Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga)

– Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
– Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
– Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
– Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan
– Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
– Fotokopi Bukti Keuangan, pilih salah satu:

* Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
* Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
* Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank
* Surat keterangan dan copy kartu membership golf
* Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5
* Surat keterangan pemegang program jamsostek
* Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun

** Untuk tipe visa C-3 Multiple silahkan untuk melihat persyaratan Multiple Visa
** Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua
** Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga
** Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)

** Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen

FORMULIR APLIKASI VISA

Informasi Kepabeanan

1) barang bawaan penumpang

Prinsip perpajakan di Korea adalah “Channel system”. Dalam sistem ini, penumpang memilih sendiri pintu pemeriksaan(pembebasan dan pemeriksaan pabean), khususnya dalam pemberitahuan pabean(self-assesment).

Barang penumpang dianggap barang keperluan diri atau sisa bekal dalam perjalanan berdasarkan pekerjaan, jabatan, usia, jenis kelamin, tujuan perjalanan, dan waktu tinggal. Bebas pajak diberlakukan terhadap barang bawaan penumpang yang nilai pabeannya tidak melebihi US$400.  Prosedure penelitian barang penumpang tidaklah rumit.

Barang impor dilarang yaitu, barang berbau kabul ,uang ․ wertpapier copy atau palsu, dan lain-lain dilarang diimpor-ekspor. Menurut peraturan dalam CITES(Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) impor pistol, psikotropika, dan binatang langka harus memenuhui beberapa persyaratan.

Dalam hal nilai pabean, jika barang penumpang melebihi batas, penumpang harus membayar pabean. Barang yang tidak diperlukan selama waktu perjalanan bisa dititipkan di kantor bea. Penumpang bisa mendapatkan kembali tersebut barang dengan membayar jasa penitipan.


ㅇ perhatian ke luar negara

Barang penumpang yang dibawa keluar dari Korea bebas pabean. Bebas pabean juga berlaku terhadap barang yang dibawa penumpang yang tinggal di korea hanya dalam waktu singkat dengan janji barang itu dibawa  juga ketika keluar dari korea. Jika tidak, penumpang diwajibkan membayar bea masuk.

Bila membawa barang mewah yang akan digunakan selama perjalanan di luar negeri dan kemudian dibawa kembali ke korea, penumpang wajib mengisi formulir pada saat keberangkatan. Jika kembali ke Korea, surat bukti pabean diperlukan untuk pengurusan bebas pabean barang tersebut.

Jika ingin keluar dari negara Korea, penumpang tidak perlu membuat surat laporan apa-apa. Akan tetapi jika ingin membawa barang yang dibatasi (restricte goods) pengeluarannya dikeluarkan harus memberikan keterangan lisan kepada pejabat bea dan cukai di kantor Pabean untuk nanti tidak terjadi masalah.


ㅇ perhatian masuk ke negara

Barangsiapa yang salah memberitahukan jenis dan jumlah barang dalam pemberitahuan  pabean, akan dikenai sanksi (penjara, denda) oleh pejabat kantor pabean.

Membawa barang titipan orang lain, bisa jadi pelanggaran. Kadang-kadang di dalamnya disembunyikan psikotropika atau barang terlarang. Bila ingin membawa barang titipan lebih  baik ditulis di pemberitahuan pabean atau memberikan keterangan lisan kepada pejabat bea dan cukai di kantor Pabean untuk tidak bertanggung jawab atas barang itu.


ㅇ barang penumpang yang harus dilaporkan

narkotika/ sabu/ methamphetamine/ ketamine/ psikotropika senjata api/angin/tajam/ amunisi/bahan peledak, obat illegal, binatang terpelihara benda/publikasi pornograpihewan, ikan, dan tumbuhan termasuk produk yang berasal dari hewan, ikan, dan tumbuhan


ㅇ Pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor dan cukai diberikan terhadap

penumpang yang membawa barang kena cukai dengan jumlah sebanyak-banyaknya :
– 200 batang sigaret, 50 batang cerutu, atau 200 gram tembakau iris dan
– 1 (satu) liter minuman mengandung etil alkohol (harganya lebih murah dari US$400)
※ kecuali minuman dan sigaret yang dibawa orang yang bukan dewasa
– pewangi yang berukuran di bawa 60ml
– Barang yang dibawa keluar dari korea dan akan dibawa kembali
– Barang merupakan hadiah yang umum digunakan di antara pemerintah negara masing-masing atau berbagai Organisasi Internasional dan disetujui oleh ketua bea dan cukai di kantor pabean


ㅇ pengecualian

Barang, keperluan sehari-hari atau alat kantor yang dibawa masuk ke korea sementara dan dibawa lagi pada saat keluar dari korea, bisa diimpor dengan disetujui pejabat kantor bea dan cukai.


ㅇ bebas pajak untuk perorangan

untuk seorang wisatawan bisa bebas pajak jika jumlah harga barang tidak melebihi US$400

2) Barang Pos international

Sistem pos dibebaskan dari biaya pabean karena penerima barang tidak menyiapkan biaya pabean untuk hadiah dari kerabat atau teman. Jadi bebas pabean terhadap barang pos yang jumlah harganya lebih bawah dari KR150000W. Akan tetapi, kadang-kadang ada kasus impor barang mahal  ingin dijual atau barang yang dilarang impor lewat pos. Oleh sebab itu, kantor pabean memilih pos international dan memeriksa dengan Intensif. Dengan menggunakan alat X-ray dan pemeriksaan fisik, kantor pabean membedakan  barang yang harus bayar pabean atau barang yang dilarang impor dari barang-barang pos. Barang yang tidak bermasalah akan dikirim ke alamat tertulis.  Kalau barangnya tidak kena bebas pabean , penerima barang harus membayar pabean untuk lewat pemeriksaan dan  ada juga beberapa barang yang harus memenuhi persyaratan impor agar dapat melewati pemeriksaan.

3) Uang yang Bawah dari Asing

Kurang dari USD 10,000 dan impor alat pembayarann dan penberitahuan tidak diperlukan izin, dan promissory motes, letter of credit, bill of exchange, bahkan deklarasi impor tidak diperlukan. Tetapi nilai gabungan USD 10,000 AS yang melebihi jumlah dalam mata uang asing won untuk membawa alat pembayaran seperti cek jika entri harus dilaporkan ke Bea Cukai, Hal yang sama berlaku untuk memeriksa mata uang lokal.

Leave a Reply